FORMAT 5.a
REKAPITULASI
PENILAIAN HASIL BELAJAR WB
Kelompok Belajar
......................................................................
No.
|
Nama WB
|
Skor Nilai
|
Tingkat
Keaksaraan
|
keterangan
|
1
|
||||
2
|
||||
3
|
||||
4
|
||||
5
|
||||
6
|
||||
7
|
.................................................................
2012
Tutor/Penguji
(...........................................)
FORMAT 5.b
LAPORAN AKHIR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEAKSARAAN FUNGSIONAL
Nama
Mahasiswa :
NIM :
Pokma/Pokjar :
Alamat
Pokjar :
Jumlah
WB :
UPBJJ :
A.
Kegiatan
Pembelajaran yang dilaksanakan :
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
B.
Bahan
belajar, media dan sumber yang dipergunakan :
................................................................................................................................................
................................................................................................................................................
C.
Hambatan
dan strategi mengatasi hambatan :
1.
Hambatan
:
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
2.
Strategi
mengatasi hambatan :
.........................................................................................................................................
.........................................................................................................................................
D.
Komentar
tentang kemajuan dan hasil belajar warga belajar
no
|
Nama WB
|
Komentar
|
1
2
3
4
5
6
7
|
Mengetahui
: ..................................................,
2012
Pengelola Instruktur
Mata Kuliah
(..........................................) (................................................)
DAFTAR
HADIR WARGA BELAJAR
TAHUN
PELAJARAN 2009 /2010
No
|
Nama Warga Belajar
|
L/P
|
Tempat, Tgl Lahir
|
Tanggal dan Bulan Pertemuan
|
|||||||||||
Minggu Ke I
|
Minggu Ke II
|
Minggu Ke III
|
Minggu Ke IV
|
||||||||||||
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
1
|
|||||||||||||||
2
|
|||||||||||||||
3
|
|||||||||||||||
4
|
|||||||||||||||
5
|
|||||||||||||||
6
|
|||||||||||||||
7
|
|||||||||||||||
8
|
|||||||||||||||
9
|
|||||||||||||||
10
|
|||||||||||||||
Mengetahui Serang, ..................................
Dosen Pembimbing mahasiswa
........................................................... ................................................
NIP. NIM.
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Nama
Kelompok Belajar :
Topik
Belajar :
Tanggal
pertemuan/Waktu
|
Materi
|
Strategi
Belajar
|
Strategi Belajar
|
Bahan
Dan
Media
Belajar
|
MATRIKS KEGIATAN CALISTUNG
Topik
Belajar
|
Subtopik Diskusi
|
Topik
Menulis
|
TopikBaca
|
Topik
Hitung
|
Kegiatan Terapan
|
RENCANA
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Bulan I
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Waktu
|
Pertemuan
1
|
||
Pertemuan
2
|
||
Pertemuan
3
|
||
Pertemuan
4
|
||
Pertemuan
5
|
||
Pertemuan
6
|
||
Pertemuan
7
|
||
Pertemuan
8
|
||
Pertemuan
9
|
||
Pertemuan
10
|
||
Pertemuan
11
|
||
Pertemuan
12
|
||
Pertemuan
13
|
||
Pertemuan
14
|
||
Pertemuan
15
|
||
Pertemuan
16
|
||
Pertemuan
17
|
||
Pertemuan
18
|
DAFTAR HADIR
TUTOR
TAHUN PELAJARAN : 2009 / 2010 Bulan : NOPEMBER S/D DESEMBER
NO
|
HARI
|
NAMA
|
L/P
|
MATERI YANG
DISAMPAIKAN
BUKU/MODUL
YANG DIPELAJARI
|
TANDA TANGAN
|
KETERANGAN
|
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
||||||
6
|
||||||
7
|
||||||
8
|
||||||
9
|
||||||
10
|
Mengetahui Serang,
..............................
Dosen Pembimbing mahasiswa
................................................. ............................................
NIP. NIM.
BAB I
PENDAHULUAN
Keaksaraan merupakan hal atau
keadaan mengenai aksara yang meliputi membaca, menulis, berhitung dan
berkomunikasi secara fungsional yang memungkinkan seseorang untuk secara terus
menerus mengembangkan kompetensinya sehingga dapat meningkatkan mutu dan taraf
kehidupannya.
Pendidikan
keaksaraan adalah usaha untuk membimbing dan membelajarkan pengetahuan mengenai
keaksaraan agar bermanfaat bagi dirinya.
Permasalahan
yang terjadi saat ini di indonesia adalah tingginya tingkat warga buta aksara
yang disebabkan oleh kurangnya kesempatan belajar.
Masyarakat yang buta aksara jarang
sekali mengakui secara terbuka bahwa dirinya buta huruf dan keinginan kuat
untuk belajar Calistung (baca, tulis, hitung).
Program keaksaraan fungsional
bertujuan untuk membantu wajib belajar (WB) mengembangkan kemampuan fungsional
yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari.
Kami berharap program ini dapat meminimalisir
buta aksara bahkan memberantas buta aksara dan terus memajukan pendidikan di
indonesia.
BAB II
PELAKSANAAN
PROGRAM
KEAKSARAAN
FUNGSIONAL
DAFTAR
ISI
I. LEMBAR
PENGESAHAN i
II. KATA
PENGANTAR ii
III. DAFTAR ISI iii
IV. BAB I PENDAHULUAN
iv
BAB II ISI
(PELAKSANAAN PROGRAM KF) v
V. LAPORAN PELAKSANAAN KEGIATAN
PEMBELAJARAN vi
VI. LAMPIRAN vii
KATA
PENGANTAR
Dengan mengucap puji syukur
kehadirat Allah SWT, Alhamdulillah laporan praktek program keaksaraan
fungsional dalam mata kuliah pembelajaran berwawasan kemasyarakatan di Desa
Mandaya, Carenang – Serang telah selesai dilaksanakan atas dasar kesadaran dan
kesepakatan bersama untuk memberantas buta aksara di desa kami.
Terima kasih kami ucapkan pada
segenap lapisan masyarakat dan orang-orang yang telah membantu program ini.
Hormat
Kami
Penulis
LEMBAR
PENGESAHAN
Nama : FITRIYAH
Nim :
818816293
Program Studi : S I PGSD
Pokjar : SERANG
Kab/Kota : SERANG
UPBJJ – UT : SERANG
Disyahkan
Oleh :
ATIF NURLATIF
NATADISASTRA, M. Pd
NIP.
PRAKTEK PROGRAM KEAKSARAAN
FUNGSIONAL
MATA KULIAH PEMBELAJARAN BERWAWASAN
KEMASYARAKATAN DI NURUL HUDA DESA
MANDAYA
CARENANG – SERANG
Oleh
:
Nama : FITRIYAH
Nim :
818816293
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU
PENDIDIKAN
JURUSAN S 1 PGSD
UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ SERANG
2012
DAFTAR CALON WARGA BELAJAR
PROGRAM PEMBERANTASAN BUTA AKSARA
(PBA)
UPBJJ-UT : SERANG MASA REGISTRASI :
KABUPATEN/KOTA : SERANG TANGGA :
NO
|
NAMA
|
UMUR
|
KANCAM/ALAMAT
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
Kepala UPBJJ-UT Mahasiswa
Drs. Abzeni, MA Fitriyah
NIP. NIM.
818816293
Tidak ada komentar:
Posting Komentar